17 August 2007

Visi-Misi dan Sejarah Singkat PMK Melisia Christi

Arti Nama
PMK adalah singkatan dari Persaudaraan Mahasiswa Kristiani. Kata “Kristiani” digunakan karena persekutuan kami merupakan persekutuan yang terdiri dari gabungan mahasiswa Kristen dan Katholik.
Kata “MELISIA” diambil dari kata latin “MILITIA,” yang diserap dalam bahasa Indonesia menjadi “milisi,” yang artinya “bala tentara” atau “pasukan.”
Kata “CHRISTI” diambil dari kata latin “CHRISTI,” yang diserap dalam bahasa Indonesia menjadi “Kristus,” yang artinya “Dia yang diurapi," yaitu Kristus Yesus.
Dengan demikian “MELISIA CHRISTI” berarti “TENTARA KRISTUS.”

Visi dan Misi
Visi dan Misi PMK Melisia Christi adalah
memenangkan, memuridkan (tanpa membaptis), melipatgandakan, dan mengutus mahasiswa/i Universitas Atma Jaya Yogyakarta (khususnya) sebagai pribadi yang tinggi iman, tinggi ilmu, tinggi pengabdian sehingga menjadi berkat bagi keluarga, gereja, masyarakat dan bangsa.

Sejarah Singkat
Tuhan menaruh beban dalam diri dua alumni kita untuk melayani mahasiswa/i UAJY yaitu Leo Sugoto (Kristen) dan Alex Pareira (Katholik) dan kemudian mempertemukan mereka. Mereka kemudian mengajak rekan-rekan mereka yang lain untuk mengadakan persekutuan doa bersama.
Persekutuan pertama diadakan hari Rabu, 20 Agustus 1980, yang dihadiri oleh sejumlah kecil mahasiswa. Tanggal ini menjadi hari jadi PMK Melisia Christi. Ini berarti sekarang PMK Melisia Christi sudah berumur 27 tahun!
Tahun-tahun awal PMK Melisia Christi berdiri di bawah naungan UAJY namun dalam perkembangan selanjutnya, para alumni memilih berdiri secara mandiri agar dapat lebih leluasa menentukan program pelayanan.
15 tahun lebih persekutuan diadakan di daerah Mrican/Demangan Baru dengan menggunakan rumah kontrakan (pengurus), sehingga seringkali berpindah-pindah tempat. Kita pernah
memakai TK Kanisius Mrican, Demangan Baru 25, Pringgodani 8, dll.
Sampai akhirnya Tuhan memberikan beban kepada alumni untuk menggalang dana dan membeli sebidang tanah dan membangunnya menjadi HT (home trainning) yang ada sekarang ini. Beban dan keperdulian para alumni ini menjadi sumber sukacita dan tanda keperdulian Tuhan bagi kita semua. Kami percaya bahwa Tuhan akan kian menyempurnakan pelayanan dan kinerja PMK Melisia Christi, sehingga ada semakin banyak mahasiswa/i UAJY khususnya yang dibawa kian mengenal dan mengasihi Tuhan dan sesamanya.


Keterangan foto:
Kedua foto di atas adalah peserta Retret Regenerasi pertama yang diadakan di Kaliurang pada tanggal 20-23 Maret 1981 yang dilayani oleh Fr. Marshell Bria Pr dan Mas Sigit. Mereka adalah generasi pengurus pertama! Tentu sangat mengharukan apabila pengurus angkatan pertama ini kembali berkumpul untuk bernostalgia dan mengambil foto dengan tempat dan gaya yang sama 26 tahun yang lalu. Masih mungkinkah?

No comments: