13 July 2008

Bible Reading

Hari ini adalah minggu kedua kami melakukan "pengajian" Alkitab: yaitu membaca Alkitab nonstop selama 2 jam. Dasar pemikirannya sederhana: jika sehari-hari kita dapat dengan mudah menghabiskan 2 jam untuk nonton (TV/bioskop/VCD/DVD), mengapa tidak bisa menghabiskan 2 jam untuk membaca Alkitab? Karena kami sadar betul bahwa usaha ini rasanya begitu berat kalau dilakukan secara pribadi, maka kami bersama-sama memutuskan satu waktu bersama khusus membaca Alkitab. Maka ditetapkanlah acara "pengajian" baca Alkitab selama 2 jam setiap hari Minggu dari jam 18.00-20.00 WIB. Minggu yang lalu kami sudah menyelesaikan Mazmur 1-50 dalam 2 jam. Minggu ini Mazmur 51-100. Ternyata membaca 50 pasal dibutuhkan waktu sekitar 2 jam! Adapun yang kami lakukan adalah membentuk kelompok (3-4 orang) dan membaca setiap ayat secara bergantian nonstop sampai 50 pasal. Minggu yang lalu 8 orang datang. Puji TUHAN! Minggu ini 10 ada 10 orang. Puji TUHAN!

Berikut doa-doa singkat semua yang hadir sebagai respon pembacaan Mazmur 51-100. Dari doa-doa ini diharapkan para pembaca dapat turut mendoakan agar kecintaan akan firman-Nya kian menguasai hidup kami semua. Bukan lagi sebatas slogan atau pujian, tetapi sungguh-sungguh menjadi suatu pengalaman yang kami rasakan, hidupi, dan bagikan.

Tuhan, ketika membaca firman-Mu, banyak gangguan yang terjadi, tapi bersyukur Engkau terus menjaga dan memberikan kekuatan. Bersyukur juga Tuhan dengan Firman-Mu ini, hamba-Mu menjadi rindu mempunyai persekutuan pribadi yang begitu intim seperti para pemazmur. Kiranya Tuhan, hamba-Mu boleh merasakan dan menikmati indahnya persekutuan dengan-Mu. Amin. (OH)

Tuhan, terima kasih atas segala firman-Mu yang mengingatkan tentang ketundukan dan ketaatan akan Engkau. Saya boleh diingatkan arti hidup berserah kepada-Mu bukan pada kesia-siaan kami. Terima kasih Tuhan boleh pakai Daud sebagai teladan selalu setia menyembah bagaimanapun keadaannya. Terima kasih Tuhan akan kasih setia-Mu untuk selama-lamanya yang terus menyertai kami. Terus ingatkan saya supaya jangan menjadi orang taat di luar saja, tapi boleh dalam segala kehidupan saya Engkau terus dipermuliakan. (SF)

TUHAN, sungguh tak berkesudahan kasih setia-Mu. Sungguh mulia dan agunglah pekerjaan tangan-Mu. Kesaksian Firman-Mu mengenai siapa Engkau membuatku kian tersadar betapa jauhnya pengenalanku dan hidupku dari Engkau. Bawaku kian mendekat pada kebenaran-kebenaran-Mu. Biarlah satu waktu nanti dapat kupersembahkan mazmur-mazmurku sendiri, yang lahir dari hati yang terdalam, yang tulus dan berkenan kepada-Mu. (MZ)

Ya Tuhan, aku bersyukur karena bisa belajar Mazmur. Tuhan begitu besar kasih setia-Nya pada manusia. Mereka yang bebal/keras hati menyembah berhala tidak Tuhan tinggalkan, malah Tuhan berlaku adil dan pegang janji-janji yang dibuat waktu Raja Daud. Yang bersalah Tuhan menghukumnya, tapi Tuhan tidak tinggalnya sendiri. Ya Tuhan, ajarilah aku selalu taat dan setia pada Engkau saja. Karena di dalam tangan-Mu aku merasa aman dan damai. Terima kasih atas waktu baca Alkitab selama 2 jam ini. Amin. (JO)

Tuhan, mengucap syukur untuk kesempatan malam ini setelah beberapa hari ini Engkau ingatkanku tentang banyak hal. Engkau bukakan banyak hal juga. Malam ini Engkau juga tegur, ingatkanku melalui firman-Mu. Tuhan saat aku jauh dari Engkau, aku benar-benar ga bisa apa-apa. Banyak hal yang udah aku lakukan yang membuat Engkau bersedih. Aku sering ga setia. Tapi seperti dikatakan pemazmur, Engkau tetap Allah yang setia, yang ga pernah meninggalkan umat-Nya dan Engkau Allah yang adil. Terima kasih Tuhan, aku punya Tuhan seperti Engkau. Ajarku lebih mengerti apa yang Engkau ingini dalam hidupk. Biarlah Tuhan kehendak-Mu yang terjadi dalam hidupku dan kemuliaan-Mu semakin nyata dalam hidup ini. (SB)

Tuhan Allah perlindunganku meskipun aku ini lemah, tetapi Engkau kota bentengku yang senantiasa melingkupi aku. Tuhan aku menyerahkan diriku Tuhan. Dalam segala kebobrokanku aku meminta pertolongan dan pengampunan Tuhan. Tuhan aku melihat apa yang sebenarnya baik di mata Tuhan dan apa yang tidak. Dari semua yang telah aku lakukan sepanjang hidupku. Seolah aku buta. Seringkali aku melihat dengan mataku sendiri. Tapi Tuhan yang menciptakan mata pasti melihat. Ampuni aku TUHAN karena aku buat. (WB)

Tuhan, betapa aku bersyukur akan Firman-Mu yang mengingatkan aku. Bersyukur aku bisa mengenal Allah yang seperti Engkau. Tuhan ajarkan aku untuk menyerahkan hidupku lebih lagi. Tuhan karena apa arti hidupku tanpa kasih-Mu. Jadikan aku pelaku Firman-Mu yang setia dalam hidupku. Kasih-Mu Tuhan tiada berkesudahan. Dalam nama-Mu aku berdoa. Amin (FO)

Bapa yang di Surga. Segala puji dan syukur bagi-Mu ya Yang Maha Kudus, sebab karena kasih setia-Mu Aku dapat memperkatakan Firman-Mu. Kudapati bahwa Engkaulah TUHAN semesta alam, yang hanya kepada-Mulah kami berserah baik dalam suka maupun duka. Engkaulah Raja, yang segala ciptaan-Mu di bumi dan di surga memuji-muji Engkau, memuliakan nama-Mu. Biarlah kedasyatan kuasa-Mu dinyatakan dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amien. (LZ)

Ya, Tuhan Allah yang bertahta dalam Surga yang mulia, dikuduskanlah nama-Mu. Pada saat ini hamba-Mu ini dengan rendah hati memohon hanya kepada-Mu agar Engkau menyatakan kebenaran hamba-Mu ini seperti siang yang terang dan juga menyerakkan segala tipu, fitnah, dusta yang ada di dalam hati tiap-tiap orang dalam lingkungan hamba dan terlebih lagi hamba-Mu yang lemah ini. Kiranya Engkau memberikan perlindungan-Mu yang kekal kepada kami (terkhusus hamba-Mu ini) karena hanya dalam perlindungan-Mu sajalah yang tak lekang oleh zaman dan oleh apapun yang mengancam (sekalipun oleh iblis). Terima kasih ya Tuhan. Dan hamba-Mu ini juga memohon pengampunan dan jangalah kiranya Engkau membinasakan hamba ke dalam neraka kekal, namun ampunilah dan berilah kesempatan agar dapat berubah lebih baik lagi. Amin. (EB)

Bapa kami yang bertahta di Surga. Aku bersyukur atas isi kitab Mazmur yang kubaca ya Tuhan. Semua isi ajaran Mazmur telah memberikanku pencerahan hati Tuhan. Aku tahu Engkau Allah yang perduli dan melindungi kami semua dari kejahatan. Kiranya sabda Tuhan bisa menjadi pelajaran bagi kami. Ya Tuhan ku serahkan semua hidupku kepada-Mu. Kiranya Tuhan berkati dan jaga kami. Terima kasih Tuhan Yesus untuk semua pengajaran kebenaran untuk kami. Terima kasih Tuhan. Hanya di dalam nama-Mu aku berdoa. Amin. (OZ)

No comments: